Cara compile kernel di Linux

Sesuai dengan judul kali ini saya akan ngasih tips buat anda yang binggung gimana sih caranya compile kernel dilinux. Mungkin sekarang anda memakai kernel bawaan dari distro linux anda, dan sudah cukup puas dengan kinerjanya. Tapi kemudian anda baru saja beli VGA card atau gigabit ethernet card, dimana drivernya baru ada di kernel terbaru. Atau anda mungkin sudah terbiasa compile kernel sendiri, cuma anda ingin kernel yang baru terinstall itu terpasang dengan rapih pada sistem distro linux kamu. Okelah kita langsung mulai aja saya menggunakan backtrack 5 untuk melakukan compile...

Langkah pertama untuk melakukan compile kernel yaitu menginstall library yang dibutuhkan seperti gcc dan ncurses oke jika belum masuk ke mode superuser segera berpindah ke superuser dengan perintah :
          
          $ sudo su

Lalu mulai install paket yang dibutuhkan         
          
          # apt-get install gcc kernel-package libncurses5-dev build-essential fakeroot

Jika proses sudah selesai kita lanjutkan dengan mendownload kernel yang akan kita compile. Biasanya kernel dapat kita download disitus resminya yaitu kernel.org. Langsung aja deh kita download....hehehehe

         # wget http://www.kernel.org/pub/linux/kernel/v3.0/linux-3.3.7.tar.bz2

Untuk paketnya bisa disesuaikan dengan versi yang terbaru jadi tinggal ganti aja versinya ke versi yang baru. Lalu ekstrak kernel tersebut kefolder /usr/src dengan perintah :

        #  tar -xvf linux-3.3.7.tar.bz2 -C /usr/src/

Pindah kedirektori tempat kernel yang sudah diekstrak tadi

       # cd /usr/src/linux-3.3.7/

lanjut dengan mengcopy configurasi dari kernel yang lama. Oh ya perlu saya ingatkan sebelum melakukan pengcopyan pastikan anda sudah berada didalam folder kernel yang sudah diekstrak tadi /usr/src/linux-3.3.7/

       # cp -vi /boot/config-'uname-a' ./.config

uname-a diganti dengan versi kernel lama anda tanpa menggunakan tanda petik. Jika anda tidak tahu versi berapa kernel yang anda gunakan sekarang bisa dengan mengetik uname-a diterminal. Lanjut ke proses konfigurasi kernel.

     # make menuconfig

Akan muncul jendela seperti ini :



Pindah kebawah dengan menekan arah pada keyboard untuk melakukan load configurasi kernel yang lama. Cari tulisan load alternate configurasi klo gak salah tulisannya kayak gitu pokoknya yang paling bawah deh...hehehehe klo udah ketemu enter aja sampai kemenu awal. Lalu lakukan konfigurasi yang dibutuhkan klo saya biasanya hanya merubah pada konfigurasi device driver. Jika sudah selesai melakukan konfigurasi save konfigurasi anda. Pilih save yang ada di opsi bawah dekat load tadi jika sudah disave lalu exit.


Sampai disini kita sudah selesai melakukan konfigurasi. Tahap selanjutnya adalah melakukan proses compile biasanya proses ini memakan waktu 1-2 jam tergantung kecepatan prossesor anda. Ketikan perintah :

         # make

Perintah tersebut untuk melakukan proses kompile kurang lebih prosesnya kayak gini.




Proses selesai jika diterminal muncul tanda #. Lanjut lagi keproses selanjutnya keep working...hahahahaha. Proses selanjutnya adalah menginstall hasil kompilean tadi lakukan dengan perintah :

       # make modules_install install

Perintah tersebut akan menghasilkan file difolder /boot. Jika sudah selesai cek folder /boot apakah sudah terdapat file ini atau belum.

    map-3.3.7
    vmlinuz-3.3.7
    initrd.img-3.3.7
    config-3.3.7

Pasti anda gak menemukan file initrd.img-3.3.7 kan? ok gak apa2 untuk memunculkan file initrd.img-3.3.7 bisa dilakukan dengan perintah :

      # update-initramfs -u -k 3.7.7

Jika belum muncul juga coba dengan perintah ini :

      # update-initramfs -c -k 3.3.7

Jika filenya sudah lengkap semua proses dapat dilanjutkan dengan melakukan update terhadap grub dengan perintah :

     # update-grub 

Lalu pastikan konfigurasi kernel baru anda sudah berada di grub dengan perintah :

     # vi /boot/grub/grub.cfg

Pastikan konfigurasinya seperti ini :



 
Kernel yang baru terinstall adalah kernel 3.3.7 seperti gambar diatas. Jika sudah selesai restart komputer atau laptop anda. Lihat pada grub sudah ada kernel yang anda tadi baru kompile. 

Selesai



Written by

2 komentar:

  1. Creasikan OS baru dari ilmu kalian....okey..
    Ini kehidupan....

    BalasHapus
  2. Belajar Jaringan Dan Pemerogramman: Cara Compile Kernel Di Linux >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Belajar Jaringan Dan Pemerogramman: Cara Compile Kernel Di Linux >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Belajar Jaringan Dan Pemerogramman: Cara Compile Kernel Di Linux >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus